Minggu, 29 Desember 2013

The Hunger Games




Haloo pembacaa.. kali ini saya tertarik buat ngebahas suatu film dan film ini saya suka banget. Entah kenapa tiba2 kepikiran bahas film ini, film ini  mengisahkan Katniss Everdeen, seorang gadis remaja berusia 16 tahun yang tinggal bersama ibu dan adiknya di Distrik 12 di sebuah negara fiksi apokalips bernama Panem, negara yang berdiri di bekas reruntuhan Amerika Utara yang musnah karena malapetaka dan peperangan dengan ibu kotanya, Capitol. Tau? Yaakk! Benar sekali! Film ini berjudul “The Hunger Games”. The Hunger Games adalah  acara tahunan di mana satu laki-laki dan satu perempuan yang berusia antara 12 sampai 18 tahun dari masing-masing distrik di sekitar Capitol dipilih dengan cara mengundi untuk bersaing dalam pertempuran mematikan yang disiarkan di televisi sampai akhirnya hanya satu orang pemenang yang tersisa. Mengerikan bukan kedengerannya? iya, saling membunuh antar remaja perwakilan dari distrik masing-masing. Tapi bukan hanya itu yg membuat film ini begitu popular,terdapat kisah lain didalam film bergenre Action dan Thrill ini seperti kisah cinta Katniss dan dua pria dihidupnya yg berpengaruh besar terhadap dirinya, dll (kalo penasaran tonton saja sendiri hahaha..)
The Hunger Games diangkat dari sebuah novel fiksi ilmiah dengan judul yg sama karya Suzanne Collins. Diterbitkan pertama kali di Amerika Serikat pada tanggal 14 September 2008 oleh penerbit Scholastic. Sejak dirilis pertama kalinya, novel ini telah diterjemahkan ke dalam 26 bahasa dan hak produksinya telah terjual di 38 negara. The Hunger Games adalah novel pertama dari trilogi The Hunger Games, yang diikuti oleh Catching Fire, yang diterbitkan pada tanggal 1 September 2009, dan Mockingjay, yang diterbitkan pada tanggal 24 Agustus 2010 di Amerika Serikat.
Di Indonesia, novel ini diterjemahkan oleh Hetih Rusli dan diterbitkan pertama kali pada bulan Oktober 2009 oleh Gramedia Pustaka Utama. Sedangkan sekuelnya masing-masing diterbitkan pada bulan Juli 2010 dan Januari 2012.
Film adaptasi dari novel ini dirilis pada tanggal 23 Mei 2012. Film ini disutradarai oleh Gary Ross dan dibintangi oleh Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, dan Liam Hemsworth.

Jadi sebelum filmnya premier film ini sudah terkenal dahulu lewat novel. Hemm menarik bukan?
Naahh sipenulis Hunger Games ini  mengatakan bahwa inspirasi untuk menulis The Hunger Games datang dari salah satu acara realitas di televisi. Di acara itu ia menyaksikan orang-orang saling bersaing satu sama lain untuk menjadi pemenang dan di saat bersamaan, dia juga melihat cuplikan tayangan invasi Irak. Seperti dikutip dari pernyataan Collins di situs resminya:

"Saya menonton banyak acara realitas yang memperlihatkan para anak muda bertanding demi jutaan dolar. Lalu, saya melihat gambar-gambar perang Irak, dua gambar itu bercampur di pikiran saya, dan itu momen di mana saya mendapatkan ide cerita tentang Katniss"

Antara kreatif dan unik ya? Tidak heran kalau jadinya film ini menarik ditonton dan bagus. Penuh aksi yg menegangkan dan situasi seperti yg sekarang ini. Banyak pemuda-pemudi yg bersaing dengan cara yg tidak sehat untuk mendapatkan uang.

Okeh kita kesinopsis nya ya (dikutip dari wiki dan situs resmi The Hunger Games):

Pada suatu waktu yang tidak ditentukan di masa depan, Amerika Utara musnah karena berbagai malapetaka dan peperangan. Di tempat bekas berdirinya, muncullah negara Panem, dengan Capitol sebagai ibu kotanya dan tiga belas distrik yang tersebar di sekelilingnya. Kemudian pada suatu waktu, muncullah gerakan pemberontakan nasional dari distrik-distrik yang disebut sebagai "Era Kegelapan" yang menandai gejolak kebangkitan perlawanan distrik-distrik terhadap pemerintahan Capitol yang diktator. Dua belas distrik dikalahkan, dan distrik ketiga belas dimusnahkan. Capitol memberi penduduk distrik undang-undang baru untuk menjamin perdamaian. Dan sebagai pengingat setiap tahunnya agar masa kegelapan itu tidak terulang lagi, Capitol menyelenggarakan Hunger Games. Peraturan Hunger Games sederhana. Sebagai hukuman atas para pemberontak, masing-masing distrik harus menyediakan satu anak lelaki dan satu anak perempuan yang berusia antara 12 sampai 18 tahun, yang dinamakan sebagai para peserta, untuk berpartisipasi. Dua puluh empat peserta akan dipenjara di arena luar yang sangat luas untuk bertanding. Selama hari-hari pertandingan, mereka harus bertarung dalam pertarungan sampai mati. Peserta terakhir yang bertahan hidup adalah pemenangnya.
Katniss Everdeen adalah seorang gadis berusia 16 tahun dari Distrik 12 yang tinggal bersama ibu dan adiknya setelah ayahnya tewas dalam kecelakaan tambang pada saat usianya 11 tahun. Pada hari pengundian peserta Hunger Games (hari pemungutan) ke-74, nama adiknya, Primrose Everdeen (Prim) terpilih sebagai peserta mewakili Distrik 12. Katniss yang sangat mencintai adiknya akhirnya menggantikan posisi Prim sebagai peserta. Kemudian, bersama peserta laki-laki dari Distrik 12 bernama Peeta Mellark, Katniss menyuguhkan acara The Hunger Games yang tak akan pernah terlupakan oleh seluruh warga Panem. – The Hunger Game
Lions Gate Entertainment memperoleh hak distribusi di seluruh dunia untuk mengadaptasi novel The Hunger Games ke layar lebar. Film ini disutradarai oleh Gary Ross dengan aktris Jennifer Lawrence yang terpilih untuk memerankan Katniss, Josh Hutcherson sebagai Peeta, dan Liam Hemsworth sebagai Gale. Produksi dimulai pada akhir musim semi 2011 dan Film ini dirilis pada tanggal 23 Maret 2012, sedangkan sekuelnya rencananya akan dirilis pada 22 November 2013. Penayangan perdana film ini menghasilkan rekor penjualan tiket sebesar $ 152.500.000 (USD) di Amerika Utara.


Yak begitulah kira kira yg bisa saya bagi kepada para pembaca, kalau ada kurang atau salah saya minta maaf. Saya hanya bermaksud membagi betapa “excited” saya terhadap film ini. Terima kasih.


"Katniss Everdeen" alias Jenifer Lawrence


"Peeta Mellark" alias Josh Hutcherson


"Gale" alias Liam Hemsworth

0 Comments:

Designed by Animart Powered by Blogger