Minggu, 30 Desember 2012

Manusia dan Keindahan


Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.
Pengalaman "keindahan" sering melibatkan penafsiran beberapa entitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteraman emosional. Karena ini adalah pengalaman subyektif, sering dikatakan bahwa beauty is in the eye of the beholder atau "keindahan itu berada pada mata yang melihatnya

Keelokan pada Manusia

Wanita yang elok rupanya disebut "cantik" atau "ayu", sementara pria yang rupawan disebut "tampan" atau "ganteng" di dalam masyarakat. Sifat dan ciri seseorang yang dianggap "elok", apakah secara individu atau dengan konsensus masyarakat, sering didasarkan pada beberapa kombinasi dari Inner Beauty (keelokan yang ada di dalam), yang meliputi faktor-faktor psikologis seperti kepribadian, kecerdasan, keanggunan, kesopanan, kharisma, integritas, dan kesesuaian, dan Outer Beauty (keelokan yang ada di luar), yaitu daya tarik fisik yang meliputi faktor fisik, seperti kesehatan, kemudaan, simetri wajah, dan struktur kulit wajah.
Standar kecantikan/ketampanan selalu berkembang, berdasarkan apa yang dianggap suatu budaya tertentu sebagai berharga. Lukisan sejarah memperlihatkan berbagai standar yang berbeda untuk keelokan manusia. Namun manusia yang relatif muda, dengan kulit halus, tubuh proporsional, dan fitur biasa, secara tradisional dianggap paling elok sepanjang sejarah.

Hubungan Manusia dan Keindahan

Apakah hubungan antara manusia dan keindahan ? sesuai pengertian di atas bahwa keindahan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dan Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok.

Pada dasarnya setiap manusia pasti memiliki pandangan yang berbeda tentang keindahan. Namun setiap orang pasti mempunyai sisi keindahan. Sebagai contoh adalah kamar tidur seseorang. Ada yang mendekorasi kamar nya dengan berbagai barang yang menurut nya mempunyai nilai seni atau apa pun yang dianggap orang itu memiliki sisi keindahan. Namun ada juga yang membiarkan kamar nya berantakan dan justru menganggap bahwa itu adalah suatu keindahan. Contoh yg kedua adalah pandangan orang terhadap lukisan. Ada yang menganggap bahwa lukisan abstrak justru memiliki keindahan yang lebih ketimbang lukisan bertema lain. Jadi kesimpulan nya adalah hubungan manusia dan keindahan sangatlah erat karena pada dasarnya tidak ada seseorang pun yg tidak menyukai keindahan. Walaupun, pandangan setiap orang terhadap makna keindahan itu berbeda – beda.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Keindahan

0 Comments:

Designed by Animart Powered by Blogger