Halaman

Jumat, 10 Januari 2014

LINUX


Linux (diucapkan ˈlɪnəksatau /ˈlɪnʊks/)adalahnama yang diberikankepada sistemoperasi komputer bertipe Unix. Linux merupakansalahsatucontohhasilpengembangan perangkatlunakbebas dan sumberterbuka utama.Sepertiperangkatlunakbebasdansumberterbukalainnyapadaumumnya, kodesumber Linux dapatdimodifikasi, digunakandandidistribusikankembalisecarabebasolehsiapasaja.

Nama "Linux" berasaldarinamapembuatnya, yang diperkenalkantahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatansistem dan pustakanyaumumnyaberasaldari sistemoperasi GNU, yang diumumkantahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalahdasardarimunculnya namaalternatif GNU/Linux.

Linux telah lama dikenaluntukpenggunaannya di server, dandidukungolehperusahaan-perusahaankomputerternamaseperti IntelDellHewlett-PackardIBMNovellOracle CorporationRed Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakansebagaisistemoperasi di berbagaimacamjenisperangkatkeras komputer, termasuk komputer desktopsuperkomputer, dan sistembenam seperti pembacabukuelektronik, sistempermainan video (PlayStation 2PlayStation 3 dan XBox), telepongenggam dan router. Para pengamatteknologiinformatikaberanggapankesuksesan Linux dikarenakan Linux tidakbergantungkepada vendor (vendor independence), biayaoperasional yang rendah, dankompatibilitas yang tinggidibandingkanversi UNIX takbebas, sertafaktorkeamanandankestabilannya yang tinggidibandingkandengansistemoperasilainnyaseperti Microsoft Windows. Ciri-ciriinijugamenjadibuktiataskeunggulan model pengembanganperangkatlunaksumberterbuka (opensource software).




Sistemoperasi Linux yang dikenaldenganistilah distribusi Linux (Linux distribution) ataudistro Linux umumnyasudahtermasukperangkat-perangkatlunakpendukungseperti server webbahasapemrogramanbasisdatatampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce jugamemiliki paketaplikasiperkantoran  (office suite) seperti OpenOffice.orgKOfficeAbiword.
Perbedaanutamaantara Linux dansistemoperasipopulerlainnyaterletakpada kernel Linux dankomponen-komponennya yang bebas dan terbuka.Linux bukansatu-satunyasistemoperasidalamkategoritersebut, walaupundemikian Linux adalahcontohterbaikdanterbanyakdigunakan.Beberapalisensiperangkatlunak bebas dan sumberterbuka berdasarkanprinsip-prinsip copyleft, sebuahkonsep yang menganutprinsip: karya yang dihasilkandaribagian copyleft harusjugamerupakan copyleft. Lisensiperangkatlunakbebas yang paling umum, GNU GPL, adalahsebuahbentuk copyleft, dandigunakanoleh kernel Linux dankomponen-komponendari proyekGNU.

Pemrograman di Linux
Sebagianbesardistribusi Linux mendukungbanyak bahasapemrograman.Koleksiperalatanuntukmembangunaplikasidan program-program sistemoperasi yang umumterdapat di dalam GNU toolchain, yang terdiriatas GNU Compiler Collection (GCC) dan GNU build system. GCC menyediakankompilatoruntuk AdaCC++Java, dan Fortran. Kernel Linux sendiriditulisuntukdapatdikompilasioleh GCC.Kompilator takbebas (proprietary) untuk Linux antaralainadalah Intel C++ Compiler dan IBM XL C/C++ Compiler.

Kebanyakandistribusijugamemilikidukunganuntuk PerlRubyPython dan bahasapemrogramandinamis lainnya.Contohbahasapemrograman yang tidakumumtetapitetapmendapatdukungan di Linux antara lain adalah C# denganproyek Mono yang disponsorioleh Novell, dan Scheme. Sejumlah Java Virtual Machine danperalatanpengembangjalan di Linux termasuk Sun Microsystems JVM (HotSpot), dan J2SE RE IBM, sertaproyek-proyeksumberterbukalainnyaseperti Kaffe.

Berikutadalahperintah – perintah yang terdapatdalamlinux

Command
Description
man [namaperintah]
melihat manual perintah
apropos [suatu yang berhubungandenganperintah]
mencariperintahberdasarkansuatu
Ls
Melihatdaftardirektori
mkdir [namadirektori]
Membuatdirektori
cd [/direktori/lokasi]
Mengubahlokasidirektori
cp [nama file ataudirektori] [kedirektoriataunama file]
Menyalin file/Direktori
cp–r
akanmenyalinsetiap file dalamdirektori yang Andatentukan.
rm [nama file ataudirektori]
Menghapus file/Direktori
rm–Rf
akanmenghapussetiapdirektori yang Andatentukan.
Rmdir
menghapusdirektori
mv [nama file ataudirektori]
Ganti Name file/Direktori
locate [nama file ataudirektori]
Mencari file/Direktori
cat [nama file]
melihatisi file
more [nama file]
melihatisi file layar per layar
less [nama file]
melihatisi file baris per baris
pipeline/vertical bar
menggabungkanduaperintah
Clear
membersihkan terminal
[nama file]
menjalankan file
which [nama file]
mencari file




Memindahsebuah file dari folder satuke folder lain

Untukmemindahsebuah file darisuatu folder ke folder lainnyasamahalnyadenganmengcopy file darisuatu folder ke folder lainnyahanyabedanya kata “cp” dengan “mv”. Untukcaranyayaitu:
ketik (pertamamasukke folder yang inginkitapindahsalahsatufilenya) mv (spasi) nama file yang akankitapindah (spasi) tempathasilpemindahan file tersebut (contoh:/home/santoso/Desktop/data) (tekan Enter).


Mengganti nama file

Untukmenggantinamasubuah file cukupmudahyaitudengancara :
ketik (pertamamasukke folder yang inginkita rename salahsatufilenya) mv (spasi) nama file lama (spasi) nama file baru (tekan Enter).

Memindahsebuah file dari folder yang satuke folder yang lainnyasekaligusdenganmenggantinama file tersebut

Untukmemindahsekaligusmenggantinama file yang kit pindahtersebutdarisuatu folder ke folder lainnya, tetapidanganhanyamenggunakansatulangkah (move + rename sekaligus). Yaitudengancara :
ketik (pertamamasukke folder yang inginkitapindahdan rename salahsatufilenya) mv(spasi) nama file yang akankitapindahdandigantinamanya (spasi) tempathasilpemindahan file tersebutdanditambahkandengannamabarudari file tersebut(contoh: /home/santoso/Desktop/data/nama file yang baru) (tekan Enter).




DaftarPustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kesan-kesan